Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 10 Februari 2012

Lemak Trigliserida Dan Diet Yang Cocok

Trigliserida merupakan partikel yang berfungsi untuk mengangkut lemak yang ada di dalam tubuh. Bagian – bagian lemak terdiri dari LDL atau Low Density Lipoprotein, HDL (High Density Lipoprotein) dan Trigliserida. Partikel trigliserida berperan dalam perkembangan penyakit jantung, walau begitu belum ada penelitian secara jelas yang mengunkapkan kalau partikel itu sebagai faktor nya.

Partikel trigliserida memiliki perbedaan yang cukup jelas dari ke 2 saudaranya. Salah satu fungsi trigliserida adalah dengan mengangkut lemak dalam tubuh. Menurut penelitian, kolesterol dalam trigliserida cukup rendah, yaitu hanya sekitar 20%. Dan pengaruh partikel ini terhadap penyakit jantung masih tidak jelas, berbeda dengan ke 2 saudaranya LDL dan HDL yang sudah pasti. Trigliserida normal dihasilkan oleh tubuh dengan kadar dibawah 150mg/dL.


Berikut tips diet untuk menurunkan trigliserida.

Tips apa yang ampuh untuk trigliserida? cara lama yang sudah kita ketahui yaitu dengan olah raga, diet, dan menurunkan berat badan. Program diet yang baik untuk menurunkan trigliserida berbeda dengan yang lain, yaitu jenis diet yang dipilih bukan rendah lemak. Mungkin hal ini kelihatan bertolak belakang dari yang kita pikir. Memang benar, bahwa partikel trigliserida itu adalah lemak tetapi sebenanya trigliserida itu lebih banyak bersumber dari karbohidrat dari pada lemak. Pengecualiannya bila partikel trigliserida terlalu tinggi yang biasanya ditentukan secara genetik. Partikel Trigliserida berfungsi untuk menyimpan energi. Penyimpanan lemak dalam tubuh akan semakin meningkat bila karbohidrat dalam tubuh berlebihan, karena karbohidrat ini la yang membentuk trigliserida. Kalau kita memiliki tingkat insulin yang tinggi, maka partikel trigliserida juga akan naik. Oleh sebab itu, pola makan rendah lemak ( selalu karbohidra yang tinggi) akan menjadi bertolak belakang dalam kasus ini.

Jadi, jenis diet apakah yang bisa dipakai untuk menurunkan trigliserida?

Jawabannya adalah rendah lemak jenuh-tinggi serat, diet kalori terkontrol. Kamu perlu tahu bahwa sebenarnya rendah lemak itu bukan rendah lemak jenuh. Yang mencakup rendah lemak jenuh itu mendorong konsumsi minyak kelapa, minyak zaitun, ikan atau minyak yang berasal dari kacang2 an. Pasien dengan trigliserida tinggi maka disarankan untuk diet rendah karbohidrat, tapi untuk kesehatan yang maksimal, harus juga membatasi konsumsi lemak jenuh. Konsums lemak jenuh yang tinggi adalah efek samping yang paling sering diabaikan oleh pasien diet rendah karbohidrat.
Kata Kunci Yang Masuk
trigliserida,lemak,trigliserida merupakan,trigliserida tinggi,pengaruh trigliserida pada tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar