Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 27 September 2012

Cara Diet Baru, Makan di Tempat Remang-remang

Liputan6.com, Washington: Pencahayaan sama halnya dengan musik yang bisa mempengaruhi keinginan makan. Mengencangkan dan mengecilkan suara lagu serta meredupkan lampu di sebuah restoran cepat saji bisa membantu pengunjung menikmati makanannya lebih sedikit.

Demikian menurut penelitian Amerika Serikat (AS).

Setelah mengubah bagian dari restoran cepat saji di Illionis dengan musik dan pencahayaan yang ringan, peneliti menemukan konsumen cenderung menurunkan kalori sebanyak 18 persen dibandingkan mereka yang makan di restoran yang tidak dimodifikasi.

"Ketika lampu meredup dan suara dilembutkan di dalam restoran itu tidak mengubah orang memesan makanan, tapi itu juga mengarahkan mereka sedikit makan dan membuat mereka lebih bahagia dan tertarik," kata Brian Wansink, profesor dari perilaku pemasaran dan konsumen di Cornell University di New York.

Studi itu dipublikasikan dalam jurnal Psychological Reports.

Wansink dan Koert van Ittersum, dari Georgia Institute of Technology, mengatakan, lampu-lampu terang, warna merangsang, suara musik yang keras di restoran cepat saji tidak dirancang untuk menjadi santai. Jadi mereka meningkatkan suasana hati di bagian restoran Hardee untuk penelitian, dengan menambahkan tanaman, lukisan, lampu yang tidak langsung, taplak meja, lilin dan musik instrumental.

Setelah pelanggan duduk di kedua bagian, restoran yang asli dan restoran yang dibenahi, mereka diberi batas waktu berapa lama mereka makan dan berapa banyak kalori yang mereka konsumsi.

Pelanggan di bagian restoran yang dimodifikasi makan lebih lama daripada mereka di ruang makan utama, mengonsumsi kalori lebih sedikit dan makanan lebih menyenangkan.

"Menghabiskan waktu makan lebih lama membuat kecepatan lebih lamban karena lebih santai dan membuat dunia yang berbeda, bukan hanya berapa banyak yang mereka makan, tetapi berapa banyak mereka menyukainya," kata Wansink.

"Hasil ini menunjukkan bahwa lingkungan yang lebih santai meningkatkan kepuasan dan mengurangi konsumsi," tambahnya.

Sekitar satu dari tiga orang dewasa dan satu dari enam anak-anak dan remaja di Amerika Serikat mengalami obesitas. Wansink, yang mengirimkan temuan ke rantai restoran, mengatakan beberapa perubahan sederhana bisa membantu orang makan lebih baik dan menikmati lebih banyak makanan.

"Jika musik lembut dan pencahayaan lembut tampaknya membuat orang makan lebih sedikit dalam situasi makanan cepat saji, mengapa tidak mencoba hal yang sama di rumah?" kata Wansink.(Reuters/MEL)

sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar