Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 23 September 2012

Cara diet dengan mineral kromium

Konsep program diet sehat adalah tentang asupan nutrisi yang seimbang disertai pengurangan asupan kalori. Nah postingan hari ini, saya coba sharingkan tentang manfaat salah satu mineral penting yaitu kromium.
Kromium adalah mineral penghasil hormon insulin. Hormon insulin itu sangat penting dalam mengatur metabolisme nutrisi makro yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Terlibat penting dalam metabolisme karbohidrat sehingga bisa jadi penghalang serangan diabetes.  Kromium juga membantu menyesuaikan tekanan darah kita.
Kita butuh kromium tujuan utamanya adalah untuk membantu dalam sintesis dan transfer protein ke seluruh tubuh dan membantu metabolisme glukosa untuk energi.
Orang yang punya resiko diabetes, mereka yang menjalankan program diet sehat, atlit yang ingin mengembangkan otot tanpa lemak, mereka yang bermasalah dengan kolesterol tinggi dan kadar HDl yang rendah, adalah beberapa orang yang sangat perlu mineral kromium dalam jumlah yang cukup.
Berapa takaran mineral kromium yang kita butuhin ? Ada yang bilang sekitar 130 mcg, tapi menurutku sih angka maksimal 200 - 400 mcg sehari itu juga baik untuk kesehatan. Nggak usah takut kita bakalan keracunan atau kebanyakan konsumsi kromium, karena kromium itu lambat diserap tubh tapi cepat dikeluarin oleh tubuh, jadinya sangat jarang seseorang itu “overdosis” kromium, lebih sering seseorang itu overdosis kalsium.
Sumber kromium terbaik bisa kita dapetin pada makanan: kuning telor (jangan berlebihan), pisang, bayam dan sayuran segar lainnya, kentang (bagusnya yg udah agak tua), beras merah, kedelai, dll.
Kalo ingin minum suplemen yang mengandung kromium, usahakan setelah makan, paling tidak lambung berada dalam kondisi ada makanan. Mengkonsumsi suplemen kromium (maksudnya pil/tablet suplemen) saat perut kosong bisa bikin iritasi pada lambung, apalagi kalo punya penyakit maag. Tapi kalo mineral kromium itu berbentuk serbuk instant sebagai bagian dari meal replacement (nutrisi pengganti makan) ya boleh ajaa.

sumber :http://langsingdiet.blogdetik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar